Giat Penilaian Kampung Tangguh Nusantara Candi

untuk membangun dan memperbayakan masyarakat dalam upaya menghadapi pandemi, Kapolres kudus berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus mengadakan lomba ” Kampung Tangguh Nusantara Candi ” dalam rangka menyambut era kelaziman baru atau new normal.
Desa Barongan adalah salah satu kandidat lomba yang mewakili Kecamatan Kota dan UPT Puskesmas Rendeng dalam giat dan pantauan penilaian ” Kampung Tangguh Nusantara Candi “.
Beberapa titik pantau adalah bagaimana Desa dalam memperkuat desanya melalui ketahanan pangan, ekomoni desa serta penerapan protokol kesehatan.

Dalam menghadapi era new normal,Bambang Juniatmoko,S.E (Pak Kades) menghimbau dan memohon kepada sahabat dan anggota satgas Relawan khususnya bidang medis dan kesehatan untuk selalu berkoordinasi dengan Puskesmas Rendeng .

Satgas Desa dan Sahabat Relawan Desa Barongan telah sepakat dengan tekad ” KALAHKAN COVID SEKARANG JUGA ” Dalam menghadapi pandemi ini dan ada beberapa strategi dan langkah langkah Pemerintah Desa Barongan.
Giat yang dilakukan Pemerintah Desa , diantaranya :

  1. Membagikan berbagai tempat cuci tangan di masing masing tempat khusus di desa barongan sekaligus sabun cuci tangan untuk membiasakan warga mencuci tangan sebelum ataupun sesudah melakukan interaksi .
  2. membagikan handsanitizer sekaligus dengan masker kain untuk warga secara gratis kepada warga .
  3. melakukan penyemprotan disinspektan di seluruh lingkungan Desa serta tempat tempat publik lainnya .
  4. membagikan beberapa manfaat penyaluran dana untuk kebutuhan pokok dan ekonomi warga yang mengenai dampak Covid-19 dengan tertib dan tidak ada kontroversi dari manapun .
  5. mengadakan gerak bersama warga desa di setiap RT maupun Rw dalam mengadakan “Jogo Tonggo “
  6. Pembatasan akses jalan jalan di desa barongan dengan lebih menggiatkan jam Malam
  7. menbuka posko Induk dalam penegahan Covid-19 yang di tempatkan di Balai Desa Barongan serta pos pos pantau tiap RT dan RW dalam giat bersama pencegahan COVID 19 dimana di buat satu pintu giat wajib lapor warga yang berasal dari luar kota maupun luar daerah.

Penilaian lomba atau tepatnya simulasi kesiapan Desa dalam pencegahan COVID 19 dari Kapolres Kudus yang jatuh pada tanggal 12 Juni 2020 dan penerjunan TIM pantau dari panitia untuk melihat langsung giat dan terjun ke lapangan baik sebelum giat penilaian sesuai jadwal ataupun giat pantau setelah jadwal penilaian , hasilnya dari Panitia ( Polres Kudus ) berkenan melakukan pengumumkan via media komunikasi Whatsapp dan dalam release panitia tersebut menjelaskan bahwasannya Desa Barongan mendapatkan juara ketiga se Kabupaten Kudus .

Hasil penilaian ini tidak lantas membuat semua yang terlibat , Kecamatan , UPT Puskesmas , Pemdes dan semua sahabat relawan berbesar hati , namun dengan predikat sebagai salah satu Desa terbaik dalam penanganan dan pencegahan COVID 19 ini justru menjadi pemacu semangat bagi semuanya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terlebih mulai masuknya era baru ini .

Harapan bagi semua adalah tetap mematuhi protokol protokol kesehatan yang telah di tetapkan dan tetap ada kesadaran semua pihak bahwa pencegahan dan penganganan Pandemi ini adalah tanggung jawab bersama dan bisa dilakukan bersama sama pula dengan lebih meningkatkan jiwa ke gotong royongan dan tanggung jawab masih masing warga dalam melakukan semua aktifitas sosial di lingkungan masing masing .

Dan teriring Doa semoga pandemi cepat berlalu dan semua bisa menjadi normal dengan harapan harapan baru Desa Barongan semakin OK3 .